Return to site

Software Pendidikan Terbaik

Mencari software pendidikan terbaik kadang memakan waktu mengingat banyaknya jumlah software di kategori tersebut. Di sisi lain, sejumlah sekolah sudah menerapkan kurikulum berbasis teknologi. Dengan kata lain, keberadaan aplikasi dan perangkat lunak yang berkaitan dengan edukasi semakin dibutuhkan.

 Namun, jangan terburu-buru membelinya. Tidak semua software sekolah pendidikan yang disediakan developer mampu memenuhi kebutuhan sekolah maupun anak-anak. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih perangkat lunak khusus edukasi, antara lain:

 


• Tujuan dan alasan pembelian software
Walau sudah dilabeli software pendidikan, konten-konten yang dimasukkan ke dalam perangkat tersebut bisa beragam dan dimaksudkan untuk tujuan berbeda. Sebagian software sekolah mungkin diisi mata pelajaran dan multimedia, ada pula yang dikhususkan untuk permainan. Maka dari itu, sekolah perlu menentukan dulu alasan dan tujuan pembelian software pendidikan buatan Indonesia. Apa mereka membutuhkan perangkan lunak untuk penyampaian materi atau variasi permainan anak-anak? Dengan begitu, sekolah tak akan berlama-lama memilih apalagi sampai salah membeli produk.


• Kesesuaian perangkat dan sistem operasi
Software atau perangkat lunak dirancang untuk dioperasikan pada perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau ponsel pintar. Akan tetapi, bukan berarti software tersebut dapat digunakan pada semua tipe perangkat. Belum lagi variasi sistem operasi yang akan mempengaruhi desain dan fitur yang terdapat pada software tersebut. Pada dasarnya, software pendidikan yang digarap serius menyertakan informasi seperti perangkat yang kompatibel hingga sistem operasi yang mampu menjalankannya. Mengabaikan detail-detail ini akan membuat sekolah rugi kalau tidak menggunakan software yang tepat.


• Orisinalitas software yang akan dipakai
Salah satu cara mendapatkan software pendidikan terbaik adalah membeli yang asli atau orisinal. Akan tetapi, harga mahal kerap dijadikan alasan memilih produk bajakan. Padahal,software tidak asli memiliki beberapa kekurangan seperti kualitas tampilan lebih rendah, program-program yang tidak bisa digunakan secara menyeluruh, sampai menurunkan performa perangkat yang dipakai. Sekarang, para developer sudah menyediakan software edisi siswa atau student edition yang harganya lebih murah dan dibekali fitur-fitur penunjang kegiatan belajar-mengajar.


• Persiapan sekolah yang akan memakainya
Sudah sejauh mana sekolah mempersiapkan diri untuk menerapkan kurikulum berbasis teknologi? Untuk hal ini, pihak sekolah setidaknya harus mempunyai laboratorium multimedia yang telah memenuhi kriteria atau standar yang diberikan. Komputer yang dipakai pun harus memiliki spesifikasi yang sesuai dengan software pendidikan buatan Indonesia. Jangan terburu-buru kalau masih di fase awal atau perencanaan, terutama bila siswa dan guru membutuhkan adaptasi dengan software tersebut. Penerapan secara tiba-tiba malah akan membuat kurikulum kurang maksimal dijalankan.


• Jumlah anggaran yang sudah disediakan
Pertimbangan terakhir yang tentunya tidak boleh diabaikan pihak sekolah adalah anggaran yang akan dikeluarkan. Institusi seperti sekolah biasanya mempunyai bujet tertentu untuk membeli software edukasi. Sayangnya, ada sekolah yang mau tak mau membeli software berkualitas rendah gara-gara anggaran terbatas. Namun, kalau sekolah mempunyai bujet mencukupi, sebaiknya manfaatkan untuk perangkat dengan fitur dan layanan maksimal. Tentunya pemilihan tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan guru yang akan lebih sering menggunakannya.
Proses pertimbangan hingga pemilihan akan lebih singkat bila sekolah memasukkan SIDIA ke dalam daftar software yang memadai. Betapa tidak? Perangkat ini telah dilengkapi fitur seperti e-content untuk murid maupun guru yang akan menyokong kegiatan belajar-mengajar. Desain responsif dan tampilan minimalis menjadikannya sebagai software pendidikan terbaik yang dipercaya berbagai pihak.

Add paragraph text here.
All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly